Kamis, 29 November 2007

pencatatan sejarah


blogwalking, ke blognya ipin.. ada tulisan menarik di sana
...........................

From Mr. Mahendra
If it's not recorded... IT NEVER HAPPENED.

-the philosophy of "Life"?-
...........................

tulisan yang menarik, karena memang begitulah adanya. mungkin kalimat yang sepadan dengan kalimat tersebut adalah
"almost, doesn't count!"

orang-orang yg hidup di zaman setelah kita, tahu tentang kehidupan pada zaman sebelumnya hanya dari sejarah yang tercatat, yang terekam. dan pada kenyataannya sejarah hanya mencatat keberhasilan, kesuksesan, atau prestasi (entah itu prestasi baik, ataupun prestasi buruk), terlepas dari sudut mana sejarah tersebut dibuat. karena memang sudah jadi rahasia umum, bahwa sejarah yang menjadi konsumsi publik adalah berdasarkan persfektif pihak pemenang (yang berkuasa).

kembali ke topik awal, jadi jelas yang tidak tercatat bisa dianggap tidak pernah terjadi, atau tidak terbukti. yang cuma hampir, tentu saja tidak masuk hitungan. yang ingin tercatat sejarah tentunya haruslah menolehkan prestasi, dalam kata lain unggul, ekstrim, atau extraordinary.

dan mungkin, blog adalah salah satu cara untuk kita merekam dan mengabadikan pengalaman dan pemikiran kita. salah satu cara untuk kita mencatatkan sejarah kehidupan kita. atau mungkin dengan demikian kita menjadi pahlawan bagi diri sendiri, penghargaan diri sendiri. mungkin karena itulah ada nada miring tentang blog, "orang yang bikin blog itu, orang yang kelewat narsis". semua kembali kepada anda, terserah anda..

7 komentar:

Dika Amelia Ifani mengatakan...

Semakin hari, media pendokumentasian semakin canggih. Saya yakin, suatu saat dokumentasi yang sering kita sepelekan itu akan bermanfaat, Bah. setidaknya untuk generasi selanjutnya :).Kelak ketika kita tiada, maka orang-orang akan mengenang pemikiran, sikap, usil, curhat, karakter, sejarah kita melalui blog yang kita tulis... sepakat?

If it's not recorded...IT NEVER HAPPENED

Unknown mengatakan...

kalo kata saya... 'recorded' disini punya arti yang lebih luas, gak harus di media fisik... bisa juga di pikiran manusia, atau di bekas-bekas yang ditinggalkan orang di satu tempat (contoh: kita bisa tau dulu dinosaurus pernah idup, dulu kan gak ada foto, kamera apalagi blog :D)

Kalo blog itu kaitannya dengan 'menyediakan ruang'. Tempat dimana bisa menuangkan segala hal yang versi kita sendiri, dan mungkin sedikit berharap pengakuan orang lain lewatnya.

arifin mengatakan...

wah..
ada yang ngutip ya??
hak cipta 'quote' ada gak ya?
ada di Mr. Mahendra atau di saya kah?
ato ngga di kedua pihak?

ah teuing pin..teu penting..he he

=D

-ipin suripin-

anggun oktari mengatakan...

okeh bah.. guwa narsis da punya blog.. brarti elu juga kann??
haha^^

errick mengatakan...

biasanya tiap2 org dg sudut pandang msg2 berlomba-lomba menulis ulang sejarah... banyak buku yg mengulas satu peristiwa sejarah tertentu tp dr berbagai sudut pandang.sy pikir g masalah.asal g cuma mengandalkan satu sumber saja...

Evan mengatakan...

sepakat!!! pas evan gede nanti jadi tahu kalo pernah kebanjiran..heheheh

Unknown mengatakan...

heuheu..sepakat,boi.
makanya selama ini sebisa mungkin aku menyempatkan diri "berbuat" sesuatu di dunia maya yang nyata ini.
jika tak keberatan, kunjungi dan komentari juga "artefak-artefak" yang aku tulis di
www.tetangankakiri.blogspot.com

www.virusvipe.blogspot.com

www.umedism.multiply.com